Sabtu, 16 April 2011

Pengantar Pembelajaran Blog Guru

SMP YPK sangat peduli IPTEK dalam pelaksanaan pembelajaran. Jauh sebelum ramai dibicarakan pembelajaran berbasis ICT, YPK pada umumnya dan SMP YPK pada khususnya sudah melaksanakan itu. Pemanfaatan TV analog dengan ukuran besar untuk dijadikan mrdia pembelajaran yang terhubung dengan komputer sudah dilakukan. Selanjutnya TV digital digunakan untuk menggantikan TV analog sebagai layar monitor yang terhubung ke komputer. Perkembangan teknologi informasi sedemikian cepat sehingga sekarang pemanfaatan multimedia seperti itu sudah ditinggalkan digantikan dengan LCD Projector. Belakangan ini internet mulai dimanfaatkan untuk media pembelajaran (elearning). Berbagai pelatihan yang dilakukan oleh pemerintah juga semakin gencar berkaitan dengan pembelajaran berbasis ICT. Sekolah-sekolah sekarang sudah semakin mengenal teknologi informasi ini daripada beberapa tahun yang lalu. Penggunaan Laptop yang terkoneksi ke hotspot  sudah bukan hal asing lagi. Perkembangan ICT di dunia pendidikan begitu pesat, hingga sekolah-sekolah terutama Sekolah Berstandar Internasional mewajibkan pembelajaran berbasis ICT.
Banyak peluang dan cara untuk memanfaatkan internet menjadi media pembelajaran. Dengan hanya mengunjungi situs-situs yang ada terutama situs pendidikan, guru-guru sudah bisa memanfaatkannya untuk belajar dan pembelajaran, namun apabila kita ingin mempunyai situs sendiri sesuai dengan konsep sekolah, maka ada baiknya kita mencoba untuk membuatnya apakah itu berupa website ataupun blog pembelajaran.
Sebagai bekal bagi guru SMP YPK agar mampu membuat blog belajar, maka sudah diadakan pelatihan selama 10x pertemuan. Hasilnya bisa dilihat pada alamat http://ict-smpypk.blogspot.com.  Untuk lebih meningkatkan performa blog, ada baiknya guru-guru dibekali juga dengan panduan praktis pembuatan blog yang akan dibahas pada uraian-uraian berikutnya.

UNTUK MEMBUKA BLOG MATA PELAJARAN, SILAKAN KLIK PHOTO GURU YANG MENGAJAR MATA PELAJARAN TERKAIT. SMP YPK TERDEPAN DALAM PRESTASI

TRANSLATE

BACA QUR'AN

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates